Budi Luhur Wisuda 1344 Wisudawan

Pada hari Kamis tanggal 10 April 2014 bertempat di Balai Sidang Senayan Jakarta berlangsung acara Wisuda Magister, Sarjana Dan Ahli Madya Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur Semester Gasal Tahun Akademik 2013/2014.

Acara dibuka dengan sambutan dari Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D., dalam kesempatan ini Rektor atas nama Pimpinan dan Senat Universitas Budi Luhur beserta seluruh Civitas Akademika Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Wisudawan/Wisudawati, atas kesuksesan yang telah diraih setelah menempuh pendidikan tinggi di kampus yang kita cintai dan banggakan ini. Ucapan selamat kami sampaikan pula kepada para orang tua dan wali Wisudawan/Wisudawati, atas keberhasilannya mengantarkan putra/putrinya ke gerbang keberhasilan dalam menempuh pendidikan tinggi di Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur.

Wisuda Universitas Budi Luhur April 2014 JCC 5

Pada bulan April 2014 ini Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti penyelenggara Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur memasuki usia yang ke 35. Dalam usianya yang ke 35 ini, Universitas Budi Luhur mempunyai 5 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana, yang terdiri atas 10 program studi sarjana, 4 program studi magister dan 2 program diploma III. Saat ini puluhan ribu lulusan telah dihasilkan oleh Universitas Budi Luhur, yang tersebar dan berkarya di berbagai wilayah dalam dan luar negeri. Sarana-prasarana pendidikan telah dan terus ditingkatkan untuk memenuhi tuntutan perkembangan kualitas, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Kualifikasi, kompetensi dan jumlah pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan telah meningkat dan terus ditingkatkan untuk menghadapi tantangan ke depan yang memerlukan kompetensi dan karakter. Berbagai prestasi yang meliputi prestasi institusi, pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa (peserta didik) telah dapat diraih. Sivitas akademika Universitas Budi Luhur juga telah banyak menghasilkan karya ilmiah, baik berupa publikasi ilmiah, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni maupun budaya, dan kegiatan/karya Pengabdian kepada Masyarakat. Sementara itu, untuk memperkuat institusi dan kemampuan dalam dunia pendidikan, Universitas Budi luhur juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi/lembaga/pemerintahan dalam dan luar negeri. Semua hasil dan prestasi tersebut dapat diraih oleh Universitas Budi Luhur dan segenap sivitas akademikanya adalah karena keberadaan dan peran Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang menyelenggarakan Universitas Budi Luhur yang kita cintai dan banggakan.

Rektor sangat mengharapkan wisudawan tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, serta senantiasa menjunjung tinggi almamater Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur.

Wisuda Universitas Budi Luhur April 2014 JCC 1

Suatu kehormatan tersendiri, dalam acara wisuda kali ini, hadir pula Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS selaku Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bidang Pendidikan, yang memberikan sambutan dengan tema Membangun Indonesia Emas 2045. Generasi Emas adalah : generasi yang seimbang antara hardskill dan softskill-nya, yang diantaranya mempunyai 10 Kompetensi Masa Depan(Prof. Derek Bok, Profesor Emiritus Havard University) adalah : Kemampuan berkomunikasi, Kemampuan berpikir jernih dan kritis, Kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, Kemampuan menjadi warga negara yang bertanggungjawab, Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, Kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, Memiliki minat luas dalam kehidupan, Memiliki kesiapan untuk bekerja, Memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya, Memiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan. Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS juga optimis untuk Mewujudkan Generasi Emas, karena : Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil, skala ekonomi yang besar, daya saing meningkat dan indek kesejahteraan terus membaik. Anggaran pendidikan yang sudah dijamin oleh konstitusi (bantuan bagi siswa kurang mampu dan BPRI atau IPS). Bertambahnya jumlah orang terdidik karena kita punya Visi Indonesia yang konkrit dengan 5 K (Ketersediaan, Keterjangkauan, Kualitas, Kesetaraan dan Kepastian). Implementasi kurikulum 2013.

Dalam acara wisuda kali ini, hadir juga Prof.Dr. Ilza Mayuni selaku Koordinator Kopertis Wilayah 3.

Kemudian dilanjutkan pidato ilmiah oleh Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc dengan tema Peran Sosial Media Dalam Menghasilkan Insan Cerdas Berbudi Luhur.  Media sosial sebagai sarana saluran informasi di internet dapat membawa dampak positif dan negatif, tergantung bagaimana kita menyikapi isi informasi tersebut. Media sosial bisa sangat bermanfaat bila kita bisa mengambil peluang yang ada didalamnya. Gunakan media sosial dengan bijak dan tanggung jawab, berikan respons positif, update status positif dan berikan kontribusi positif sehingga aliran positif yang akan memberikan daya dalam kehidupan kita pada akhirnya akan menjadikan kita insan cerdas berbudi luhur. Menjadi insan cerdas berbudi luhur adalah penting karena cerdas berbudi luhur adalah dua hal yang tidak terpisahkan, kecerdasan tanpa dilandasi budi luhur akan cenderung digunakan untuk membodohi dan mencelakakan orang lain, sebaliknya budi luhur tanpa diimbangi kecerdasan akan merupakan sasaran kejahatan dan penindasan orang lain. Semoga filosofi kebudiluhuran ini selalu kalian terapkan dalam segala aspek kehidupan. Semoga kalian menjadi insan cerdas berbudi luhur, menjadi insan yang bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. Tetap sehat, tetap semangat, semoga kesuksesan menyertai kalian semua.

Wisuda Universitas Budi Luhur April 2014 JCC 2

Pada wisuda kali ini, terdapat 14 wisudawan terbaik yaitu jenjang pendidikan strata dua : M.Yusuf Effendy (Program Studi Magister Manajemen), Rizky Pradana (Program Studi Magister Komputer), Susilawati (Program Studi Magister Akuntansi ). Jenjang Pendidikan Strata Satu : Oky Ade Irmawan (Program Studi Teknik Informatika), Nur Alia Syafitri (Program Studi Sistem Informasi),  Linda Fitriah (Program Studi Manajemen), Laura Tirta Aisyiyah (Program Studi Akuntansi), Sandy Widyanto (Program Studi Teknik Elektro), Rifa’ih (Program Studi Arsitektur), Muhammad Dermawan (Program Studi Ilmu Hubungan Internasional), Kurniawati (Program Studi Ilmu Komunikasi). Jenjang Pendidikan Diploma Tiga : Tri Ayu Utami (Program Studi Manajemen Informatika), Dea Asmara Dewi (Program Studi Komputerisasi Akuntansi),  Ririn Azhari (Akademi Sekretari). Kemudian dilanjutkan dengan acara pemberian kenang-kenangan bagi wisudawan terbaik, oleh Kasih Hanggoro, MBA. selakuKetua Badan Pelaksana Harian Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Wisuda Universitas Budi Luhur April 2014 JCC 3

Pada wisuda periode April 2014, Budi Luhur mewisuda 1344 wisudawan, dengan perincian sebagia berikut : Wisuda Magister Manajemen (33 wisudawan), Magister Akuntansi (13 wisudawan), Magister Ilmu Komputer (45 wisudawan) oleh Direktur Pascasarjana – Dr. Moedjiono, M. Sc. Wisuda Sarjana Komputer, Program Studi Teknik Informatika (232 wisudawan), Program Studi Sistem Informasi (230 wisudawan), dan Program Studi Sistem Komputer (4 wisudawan) oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi – Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc.  Wisuda Sarjana Ekonomi, Program Studi Manajemen (165 wisudawan)  dan Program Studi Akuntansi (279 wisudawan) oleh  Dekan Fakultas Ekonomi -Ir. Ratnaningsih A.W, MBA. Wisuda Sarjana Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi (235 wisudawan), oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi -Dr. Hadiono Afdjani, MM., M.Si.  Wisuda Sarjana Teknik, Program Studi Arsitektur (13 wisudawan) dan Program Studi Teknik Elektro (19 wisudawan) oleh  Dekan Fakultas Teknik – Sujono, MT. Wisuda Sarjana Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (36 wisudawan), oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – Dr. Denik Iswardani, M.Si. Wisuda Ahli Madya Komputer Program Studi Komputerisasi Akuntansi (12 wisudawan), Program Studi Manajemen Informatika (15 wisudawan) oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi – Goenawan Brotosaputro, S.Kom, MSc. Dan Wisuda Ahli Madya Sekretari (13 wisudawan) oleh Direktur Akademi Sekretari Budi Luhur : Arief Wibowo, M.Kom

Wisuda Universitas Budi Luhur April 2014 JCC 4

 

Comments are closed.